Friday, July 15, 2016

Cara Mengirim Lamaran Kerja By Email (dengan Yahoo)

      Pada era digital, kemampuan dalam menguasai teknologi menjadi tuntutan tersendiri. Teknologi menjalar ke berbagai elemen kehidupan, mempermudah manusia dalam menjalankan aktivitasnya. Begitupun dalam penerimaan pegawai/karyawan, kadang perusahaan sudah tidak lagi menyuruh untuk mengirimkan berkas yang dimasukkan kedalam map, tetapi sudah melalui surat eletronik. 
   Surat elektronik (baca: email) pada dasarnya sangat memudahkan penggunanya. Pelamar tidak harus mengeprint, atau menulis, menaruhnya ke dalam map dan mengirimkannya ke alamat perusahaan. Pengiriman lamaran kerja dengan cara lama menguras waktu, tenaga dan uang, berbeda dengan pengiriman by email. Dengan menggunakan email, Pengirim dapat menghemat biaya serta waktu tanpa khawatir surat lamarannya mendarat pada orang yang salah, email juga memudahkan perusahaan dalam melakukan perekrutan karyawan tanpa harus merasa bersalah telah membuang banyak kertas lamaran pelamar. Dengan kata lain, selain efisien tenaga waktu dan uang, pengiriman surat lamaran kerja dengan email lebih ramah terhadap lingkungan karena tidak menghabiskan kertas. 
   Sama seperti lamaran pekerjaan manual dengan map, media surat elektronik juga menawarkan fitur yang membuat kita tidak hanya bisa mengirimkan tulisan tetapi juga melampirkan banyak data dengan jenis docx (output dari ms.word), xls (output dari ms. Excel), pdf, jpg, dan masih banyak lagi. Berikut cara mengirim lamaran kerja menggunakan email dan melampirkan lampiran data tambahannya. 


1. Buka yahoo.com dan log in
tampilan ini akan muncul setelah kita membuka yahoo.com. masukan email dan password untuk dapat membuka akun yahoo kita.

ini adalah tampilan ketika kita sudah log in ke yahoo.com

2. Buka mail dengan cara meng klik "mail" yang ada di pojok kanan atas yang terdapat gambar seperti amplop surat berwarna ungu.
ini adalah tampilan "mail" yahoo.com

3. Setelah itu, Klik "Tulis" seperti yang ditandai dengan garis merah


Setelah itu akan muncul tampilan seperti ini


4. Tulis alamat email tujuan di kolom "Ke", dan tulis judul/hal yang menyangkut isi email kita di kolom "Judul". Dalam kasus ini, judulnya adalah "Lamaran Pekerjaan".

Sebaiknya pada badan surat elektornik, kita salin kembali isi surat lamaran kita dan tetap melampirkan surat lamaran aslinya dalam bentuk .docx atau .pdf

6. Klik icon berbentu paper klip untuk melampirkan data, lihat tanda garis merah.



7. Setelah itu masukkan data dengan menulis "File name" atau mencari secara manual di dalam penyimpanan. setelah itu Klik "open"










semua data yang telah dilampirkan akan muncur di bagian email paling bawah. Jangan lupa untuk cek kembali apakah seluruh data yang telampir telah ter-upload sepentuhnya, jika belum, tunggu beberapa saat hingga seluruh data telah ter-upload sepenuhnya.

8. Setelah itu, klik "Kirim" untuk mengirim email tersebut.

9. Untuk melihat apakah email sudah sampai atau belum, kita bisa melihatnya di daftar pesan terkirim dengan cara mengklik "Terkirim" yang telah ditandai dengan garis merah.



Pesan terbaru terdapat dipaling atas daftar.


Proses pegiriman melalui email pun selesai. Semoga Bermanfaat dan lamaran kerja anda diterima.



Salam manis dari penulis :)



No comments:

Post a Comment